kecantikan adalah hak asasi seorang wanita

Selasa, 29 Mei 2012

Berbagai Manfaat Kalsium Susu Untuk Tubuh


milk-girlMEMBANGUN tubuh yang sehat diperlukan makanan yang bergizi. Zaman sekolah dasar dulu,  kita mengenal slogan 4 sehat 5 sempurna, yang menganjurkan agar kita mengonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang.
Kalau diaplikasikan dalam bahan makanan maka tersebutlah nasi, daging, ayam, telur, tahu, tempem sayur-mayur, buah-buahan, dan tak ketinggalan susu.
Ini menunjukkan dari masa ke masa, budaya minum susu telah digalakkan dengan sedemikian rupa.
Di Amerika, kampanye minum susu melibatkan atlet top papan atas macam petenis Venus Williams atau pebasket NBA.
Malah, setiap menyebut kata kalsium, kebanyakan orang sana mengidentikkan kalsium dengan susu, meskipun masih banyak sumber klasium lain.
Kenapa susu? Kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, terutama kalsium mampu membantu kesehatan tulang yang berfungsi menunjang tubuh manusia.
Manfaat kalsium yang terkandung dalam susu sangat dibutuhkan kalangan berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, bahkan lansia.
Kalsium susu sangat baik untuk tubuh karena berasal dari ekstrak susu sapi, sehingga bersifat alami dan mudah diserap struktur sel tubuh.
Dalam studi yang disiarkan American Journal of Clinical disebutkan, hasil peneltiian yang dilakukan pada pria dan wanita yang diberi suplemen 1200 mg kalsium atau senilai empat gelas susu terbukti mengurangi risiko patah tulang hingga 72 persen.
Sementara The Dietary for Amercian merekomendasi setiap orang untuk minum setidaknya 3 gelas susu per hari. Selain mengandung vitamin D, susu sangat membantu menyerap kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk membangun kekuuatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.
Berikut hal-hal positif yang bisa kita dapat melalui kalsium susu:
•    Untuk anak-anak kalsium mampu memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, serta meningkatkan tingkat intelegensia anak-anak.
•    Pada orang dewasa, kalsium menguatkan jaringan tulang. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.
•    Kalsium dapat mengurangi sindrom menstruasi pada wanita sebanyak 48 persen.
•    Penelitian New england Journal of Medicine menyebutkan, jumlah konsumsi kalsium yang tinggi efektif mengurangi risiko gejala batu ginjal.
•    Kalsium susu memiliki tingkat penyerapan dan penggunaan (bioavailability) dalam tubuh yang sangat baik, khususnya untuk tulang. Karena tingkat penyerapan yang baik itu kalsium tidak hanya menyerap tapi juga penggunaannya dalam tulang. Kalsium susu dapat memiliki bioavailability atau efek metabolis yang lebih tinggi daripada kalsium inorganik.
•    Kalsium susu mengandung mineral dan zat gizi lain yang sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium itu sendiri, antar alain fosfor, protein, dan laktosa yang merupakan satu kesatuan senyawa gizi yang sangat dibutuhkan dan membantu penyerapan kalsium dalam tubu


http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/kesehatan/10633-berbagai-manfaat-kalsium-susu-untuk-tubuh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar